Tips Meningkatkan Virality Dalam Social Media

Saat ini berbagai informasi bisa didapatkan melalui social media. Setiap harinya selalu saja ada tren maupun informasi yang dibagikan oleh netizen. Kenapa menggunakan sosmed? Hal ini jelas dikarenakan social media menjadi sebuah tempat yang cepat untuk mendapatkan respon satu sama lain. Konten yang dibagikan juga akan dengan cepat menyebar luas. Hal inilah yang kemudian disebut viral.

Pertanyaanya, bagaimana cara meningkatkan virality dalam social media? Tentu saja tidaklah susah melakukannya. Yang terpenting adalah anda membuat konten yang mengundang orang untuk melakukan share, bahkan re-post!

1. Buat Postingan Tentang Listing

Postingan tentang listing adalah yang paling cepat mendapatkan respon di social media. Pasalnya angka menjadi sebuah sugesti yang terbaik untuk menarik rasa ingin tau audience. Contoh paling sederhana adalah dengan menciptakan konten berjudul “5 fakta mengenai ramalan 2019” atau “5 kuliner terlezat di kota XXX” bisa mendatangkan audience yang besar dalam sekejap. Postingan tentang list memang banyak dicari karena menjanjikan pembaca dengan informasi yang akurat, ringkas, dan poin-poin yang banyak.

2. Buat Postingan Yang Mengundang Komentar

Yang paling mudah lagi adalah membuat postingan yang mengundang komentar. Yakni postingan tentang pertanyaan. Misalnya “ide nama terbaik untuk start up company” dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat banyak orang ikut serta menyumbangkan idenya di social media tersebut.

Bahkan tak jarang mereka akan berkomentar satu sama lain dengan pembaca lainnya. Ini akan menimbulkan banyak interaksi yang berimbas pada banyaknya orang yang tertarik berkunjung ke social media anda.

3. Konten Bermuatan How To atau Tutorial

Banyak orang yang menggunakan social media untuk mendapatkan tutorial, salah satunya adalah tutorial tentang cara memasak, cara menanam tanaman, dan lain sebagainya. Dengan menyajikan konten yang edukatif, secara tidak langsung akan meningkatkan virality dalam social media anda.

Saat ini yang paling banyak dicari adalah tentang cara membuat masakan. Di era yang semakin modern, semua orang membutuhkan informasi tutorial yang bisa didapatkan dalam sekejap. Tak seperti zaman dulu yang mana kita harus pergi ke toko buku untuk mendapatkan resep tentang cara memasak sesuatu.

4. Konten Video Berpotensi Meningkatkan Virality Social Media

Konten video juga mampu meningkatkan virality dalam sekejap. Konten semacam ini juga berpotensi mendapatkan respon share dan juga komentar lebih banyak. Akan lebih bagus lagi jika konten tersebut memiliki durasi yang pendek. Pasalnya, audience lebih suka dengan video yang singkat, padat dan jelas, dibandingkan konten video yang terlalu panjang dan berat pemahamannya.

You may also like