Sejarah Lahirnya Permainan Bola Sepak di Dunia

Permainan sepak bola pertama kali muncul di Tiongkok pada era dinasti Han, yakni abad ke-3 sebelum masehi. Pada mulanya, orang menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil dan kemudian semakin berkembang seiring jaman. Permainan tersebut menyebar ke berbagai negara melalui pedagang yang sering berpindah dari negara satu ke negara yang lain dengan adanya proses adopsi yang disesuaikan dengan budaya masing-masing negara.

Pada tahun 1300 sepak bola tradisional Inggris mulai populer di kalangan bangsawan Inggris. Mereka seringkali mengadakan kompetisi untuk menambah ketenaran di kalangan bangsawan. Bagi orang Inggris, ketenaran akan membawa mereka kepada kemuliaan, kehormatan dan kedudukan yang lebih tinggi, dekat dengan kerajaan. Akan tetapi, kompetisi seringkali membawa kekerasan pada pertandingan sehingga Raja Edward III melarang adanya permainan sepak bola pada tahun 1365.

Permainan sepak bola juga berkembang di negara-negara Eropa lainnya, seperti Italia, Perancis, Scotlandia, Belgia, Belanda dan Spanyol. Meskipun peraturan permainan masing-masing negara berbeda, bentuk permainan tetap sama yakni menggiring bola ke dalam jaring lawan.

Pada tahun 1815, adanya perkembangan dunia yang besar menyebabkan permainan ini kembali terkenal di kalangan mahasiswa Inggris dan dari sanalah lahirlah klub sepak bola pertama. Mereka berkumpul dan merumuskan aturan baku dalam permainan agar menghindari kekerasan dan skor yang tidak adil yang seringkali terjadi dalam pertandingan. Mereka tidak lagi menggunakan kuda dalam permainan dan perbedaan rugby dengan sepak bola semakin jelas. Pada tahun 1869, dibentuklah aturan baru yakni melarang pemainnya membawa bola dengan tangan.

Pada tahun 1900 an, ketertarikan masyarakat Eropa akan permainan sepak bola semakin besar sehingga memunculkan gagasan membentuk suatu liga, pertandingan antar bangsa Eropa yang dipelopori oleh tujuh negara besar di Eropa. Ketujuh negara tersebut adalah Perancis, Belgia, Belanda, Swedia, Denmark, Spanyol dan Swiss. Demikianlah sejarah FIFA pertama dibentuk pada tanggal 21 Mei 1904 di sebuah gedung di jalan Saint Honore, Paris.

Dengan dibentuknya FIFA, ketenaran sepak bola semakin meluas sehingga banyak negara besar lainnya ingin bergabung ke dalam liga. Pada 1930, Presiden FIFA Jules Rimet memutuskan untuk menggelar pertandingan sepak bola berskala internasional. Piala Dunia pertama diadakan di Uruguay pada tahun 1930 dengan total 13 tim yang bergabung di dalamnya dan terus berkembang hingga masa kini. Kini, Piala Dunia telah diikuti 200 tim di seluruh dunia termasuk Indonesia dengan aturan permainan yang diperbarui menyesuaikan era dan jumlah tim yang berpartisipasi dalam liga.

Begitulah sejarah lahirnya permainan sepak bola, yang mana dicetuskan pada abad sebelum masehi kemudian berkembang ke seluruh negara dan dilahirkannya suatu liga kecil di Eropa kemudian berkembang menjadi suatu liga internasional.

You may also like