Perbandingan Menarik Antara Xiaomi dan Samsung 2020

Besarnya perbedaan tingkat popularitas di antara Xiaomi dan Samsung memang terlihat jelas pada segmentasi pengguna kedua merek tersebut. Dari awalnya, smartphone yang dibuat oleh perusahaan Korea tersebut digadang-gadang sebagai pengganti Nokia yang pernah merajai penjualan di Asia dengan segementasi pasar yang lebih berkelas sedangkan Xiaomi baru dibentuk pada tahun 2010 dan pada awalnya diharapkan dapat menjadi duplikat Samsung dengan versi yang lebih murah.

Namun, sepertinya Xiaomi tidak akan berhenti hanya dengan menjadi bayangan Samsung. Hal itu terbukti dengan lahirnya Xiaomi MI 10 Pro 5G yang dinilai dapat membuat keder Samsung yang sebelumnya mendominasi di Samsung Galaxy S20 Ultra 5G kemudian melahirkan Samsung Galaxy Fold.

Dengan lahirnya Samsung Galaxy Fold, Samsung menjadi vendor pertama yang merilis perangkat layar lipat yang telah terbukti menyita perhatian banyak pengguna smartphone dunia. Tidak dapat dipungkiri bahwa raja tetaplah raja seperti halnya, Samsung yang masih tetap merajai penjualan smartphone di seluruh dunia, lengkap dengan paket image yang ditonjolkan yakni lebih mewah dan lebih berkelas.

Xiaomi didirikan oleh pengusaha Tiongkok, Lei Jun merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok menurut Forbes. Lei Jun dengan begitu cepat mengembangkan Xiaomi ke ranah persaingan teknologi yang begitu cepat dan berhasil bersanding dengan Samsung di pasar Asia. Untuk produk Xiaomi MI 10 Pro 5G sendiri telah berhasil dikembangkan dengan beberapa spesifikasi yang lebih canggih dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Ultra 5G yang masih menjadi tren di Indonesia pada tahun 2020 ini.

Dengan harga yang terbilang masih terjangkau, Xiaomi berhasil menunjukkan kredibilitasnya sebagai salah satu perusahaan yang mementingkan inovasi daripada hanya menjadi bayangan merek lain.

Dari segi benchmark, internal memory, kualitas bluetooth, GPS dan ketahanan baterai, Xiaomi MI 10 Pro 5G lebih unggul daripada Samsung Galaxy S20 Ultra 5G walaupun dari segi kamera, warna, ukuran layar dan resolusi display Samsung Galaxy S20 Ultra 5G lebih unggul dibanding Xiaomi MI 10 Pro 5G.

Untuk frame rate Xiaomi [email protected] sedangkan pada Samsung hanya [email protected] An Tu Tu Xiaomi di 596246 (v8) sedangkan Samsung 514485 (v8). Loudspeaker Xiaomi mencapai -25.2 (LUFS) sedangkan Samsung di -23.2 (LUFS).

Segala usaha jerih payah dan persaingan di antara keduanya, pada akhirnya akan mengacu kembali pada perbedaan segmentasi pasar, hanya waktu yang dapat menjawab apakah Xiaomi mampu mensejajarkan diri dengan Samsung dalam konteks brand image dan adanya sumber inovasi baru.

Pada saat ini, terlihat jelas bahwa Xiaomi masih lebih digemari oleh kalangan melek teknologi dan masyarakat menengah. Dengan fitur-fitur yang mirip dan beberapa lebih unggul, Xiomi masih memiliki banyak penggemarnya.

You may also like