Mungkinkah Untuk Menonton Bola Virtual ditengah Pandemi

Memasuki tahun 2020 kita dihadapkan dengan pandemi yang melumpuhkan hampir semua sektor yang ada dikehidupan. Bagaimana tidak kehadiran virus ini mengaharuskan kita untuk tetap tinggal dirumah dan menjauhi keramaian, guna memutus rantai penyebaran dari virus itu sendiri. Salah satu sektor yang kena imbas dari merebaknya virus covid-19 adalah dunia olahraga, khususnya sepak bola.

Setiap pertandingan sepak bola pasti menghasilkan banyak sekali penonton yang ingin menyaksikan secara langsung idola atau klub olahraga favorit mereka beradu laga. Sebelum pertandingan berlangsung orang – orang akan antre membeli tiket menonton agar tidak kehabisan.

Saat pertandingan berlangsung stadion pun akan penuh dengan penonton yang mengenakan kaos yang sama dengan klub andalan mereka, membawa spanduk besar untuk mendukung pemain idola dan menyerukan lagu – lagu penyemangat sambil berharap tim mereka akan mendapat kemenangan.

Sungguh hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, namun harus ditahan sebentar karena nampaknya liga 1 yang harusnya berlangsung dibulan Mei 2020 harus diundur karena kasus positif covid-19 di Indonesia kian meluas setiap harinya.

Kehadiran virus yang mematikan segala aspek kehidupa ini menghasilkan sebuah kebiasaan baru atau yang lebih dikenal dengan nama “the new normal”. Kebiasaan itu diantaranya adalah dilakukannya pertemuan – pertemuan besar secara virtual. Iya, dengan bantuan laptop atau telepon seluler dan sinyal internet yang baik kita sudah bisa melakukan meeting tanpa harus bertemu langsung.

Bukan tidak menutup kemungkinan jika kondisi seperti ini berlangsung untuk waktu yang lama, kita akan menonton pertandingan bola secara virtual. Kita tetap akan berburu tiket untuk bisa duduk dikursi penonton, namun yang duduk di kursi itu ketika pertandingan berlangsung bukanlah penonton asli, melainkan layar bersisi kamera yang akan merekam jalannya pertandingan drai awal hingga akhir.

Kita akan dapat mendengar suara dan melihat aksi kejar – kejaran bola para pemain yanga ada dilapangan serta sebaliknya para pemain juga dapat mendengar suara penonton yang menyemangati mereka untuk mencetak gol. Selain itu mungkin kita juga bisa berkomunikasi dengan seseorang dilayar sebelah.

Hal ini tentu berbeda dengan saat kita menonton di TV, karena kita bisa merasakan atmosfir stadion. Suara riuh penonton yang lain ketika kemenangan ada dipihak kita, suara sorak kecewa ketika pemain favorit kita gagal melakukan tendangan yang mungkin saja bisa menambah poin jika itu masuk, lantunan lagu – lagu yang mengalun keras dan panjang selama pertandingan berlangsung,dan lain sebagainya. Keadaan yang sama persis ketika kita benar benar berada di stadion.

Sesuatu yang mungkin saja terjadi terjadi diera saat ini bukan? Karena bagaimanapun pertandingan akan mendapat dana dari penjualan tiket dan penonton akan mendapat kesan stadion secara virtual.

You may also like