Mengenal Lebih Jauh Jenis Headset Serta Kekurangan dan Kelebihan

Hedseat menjadi salah satu bagian dari aksesoris handphone yang berfungsi dalam membantu menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih. Dengan mengubah arus listrik menjadi gelombang suara yang dapat didengar di telinga merupakan cara kerja dari alat ini.

Keberadaan headset menjadi bermanfaat untuk setiap orang di setiap situasi. Dalam penggunaan headset, tentunya tidak boleh berlama-lama karena dapat merusak gendang telinga. Oleh karenanya, penggunaan headset tidak lebih dari satu jam.

Selain penggunaan headset sewaktu tidur tidak disarankan karena gelombang elektromagnetik yang diantarkan headset dapat memiliki dampak merusak sel otak.

Mengenal headset lebih jauhnya, tentu ada dua jenis yang sudah umum digunakan yaitu headset bluetooth dan kabel. Kedua jenis headset ini yaitu Bluetooth dan kabel memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun, dikalangan masyarakat tidak sedikit yang berpendapat jika headset kabel lebih bagus digunakan daripada headset Bluetooth. Untuk memastikan mana yang bagus, yuk kita simak info dibawah ini !

1. Headset Bluetooth

Bluetooth yang merupakan salah satu teknologi dari wireless sekarang banyak dimanfaatkan dengan dimodifikasi dalam bentuk headset. Terlebih lagi untuk sekarang banyak vendor yang juga memanfaatkan hal ini.

Perangkat wireless yang diciptakan dalam bentuk headset bluetooth ini diciptakan untuk para pengguna lebih praktis sembari melakukan aktivitas. Dengan memanfaatkan bluetooth sebagai koneksi, tentunya kita tidak perlu lagi menggenggam handphone.

Selain itu, ruang gerak jadi terasa bebas karena tidak terganggu dengan kabel yang terlilit ataupun tergulung. Kemampuan terhubung headset bluetooth dengan handphone berkisar kurang lebih 10 meter.

Namun, dibalik kelebihannya tentu ada kekurangan dari headset bluetooth yaitu membutuhkan sumber daya lebih dari baterai headset dan baterai handphone. Sinkronisasi antara headset dan handphone akan terbatas apabila versi bluetooth tidak mendukung. Harga yang ditawarkan dalam pembelian headset jenis ini pun lebih mahal daripada headset kabel.

2. Headset kabel

Penggunaan headset kabel cukup sederhana, yaitu dengan mencolokkan kabelnya ke handphone. Berbeda dengan headset bluetooth, headset kabel tentunya tidak membutuhkan pengisian daya baterai, suara yang dihasilkan melalui headset kabel memiliki kualitas lebih bagus ketimbang headset bluetooth.

Selain itu, harga dipasaran gadget juga murah dalam menawarkan headset kabel ini. Sayangnya, headset kabel memiliki kelemahan yang terletak pada kabelnya. Kabel pada headset sangat mudah tergulung dan terlilit, ruang gerak kita ketika mendengarkan musik melalui headset kabel tentunya terbatas.

Jangkauan dari kabel hanya memilki panjang maksimal 2 meter. Gangguan lain yang biasa dialami pada penggunaan headset kabel juga terletak pada colokan jack yang mungkin sudah agak longgar sehingga harus beberapa kali dibenarkan posisinya.

You may also like