Mengenal Arti Kata Podcasting dan Tema-Tema Serunya

Di era globalisasi seperti sekarang, radio sudah mulai jarang digunakan oleh banyak orang. Salah satu alasannya adalah kurangnya aksesibilitas radio di dalam smartphone dan banyak orang menganggap mendengarkan radio sudah sangat kuno atau tidak zaman.

Oleh karena itu, kata podcasting mulai dikenal oleh semua orang sebagai salah satu media pengganti radio. Tetapi, sebenarnya apa sih podcasting itu? Yuk, ikuti terus artikel dibawah ini untuk mengenal arti kata podcasting dan tema-tema serunya!

Arti Kata Podcasting

Mungkin kata podcasting ini lebih dikenal di negara luar seperti Amerika, UK, dan Australia, karena sudah banyak sekali podcast yang dikeluarkan.

Sementara di Indonesia yang merupakan negara berkembang, masih banyak orang yang belum tahu apa itu podcast, dan bagaimana cara menggunakan, memanfaatkannya.

Arti kata Podcasting atau Podcast adalah audio yang dapat Anda dengarkan melalui handphone, sama seperti radio. Namun, podcast adalah audio non-streaming dan dapat kalian ulang kembali. Hal ini yang membedakannya dengan radio.

Dengan adanya podcast, Anda dapat memilih sendiri tema apa yang ingin Anda dengarkan, karena terdapat jutaan channel berbeda di luar sana. Mulai dari horor, komedi, teknologi, film, berita, cerita anak-anak, cerita religius, dan masih banyak lainnya!

Saat ini sudah terdapat lebih dari 200.000 ribu podcast dari seluruh dunia, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan topik podcast yang Anda sukai.

Tetapi memang, sampai dengan saat ini, sebagian besar Podcast masih disampaikan dengan bahasa Inggris. Jika Anda ingin mendengarkan podcast dalam Bahasa Indonesia, bukalah Radio BBC Indonesia di website resminya.

Karena mendengarkan podcast hanya memerlukan gadget saja dan tidak ada iklan, perkembangannya menjadi sangat pesat. Tidak ada selingan lagu seperti di radio, jadi Anda akan benar-benar merasa puas mendengarkan topik kesukaan Anda.

Mengapa Anda Harus Beralih Ke Podcasting?

Setelah melihat penjelasan arti kata podcasting diatas, ini beberapa alasan mengapa Anda harus mulai beralih ke Podcasting!

1. Lebih Menghemat Waktu

Dulu ketika kita ingin mendengarkan topik atau acara yang kita sukai di radio, pastinya kita harus menunggu terlebih dahulu jadwal radio dan mengikuti seluruh jam dengarnya, sedangkan podcast bisa langsung Anda dengarkan topiknya dan tidak perlu mendengar sela lagu diantaranya. Anda dijamin akan merasa puas mendengar pembicaraan topik kesukaan Anda.

2. Audio Bisa Diulang Kapan Saja

Ketika mendengar radio, kita tidak bisa menyimpan file radionya untuk didengar kapanpun. Sedangkan podcast, Anda bisa mendownload seluruh topik kesukaan Anda, dan bisa didengar kapan saja, dimana saja. Jadi selagi Anda sedang berada di dalam kereta menikmati secangkir kopi, Anda juga bisa menikmati audio podcast favorit Anda.

3. Variasi Topik Lebih Banyak

Jika dibandingkan dengan radio, Podcast memiliki lebih dari 200 genre yang bisa Anda dengarkan. Dan Anda bisa lebih mudah mencari topik yang diinginkan dengan mengklik tombol “search” di aplikasi podcasting Anda.

10 Tema Podcasting Yang Paling Banyak Dicari

1. Horror

Tema Podcasting yang satu ini paling banyak dicari oleh orang-orang, apalagi kaum millennial zaman sekarang. Cerita horor menjadi favorit orang-orang untuk dijadikan hiburan, candaan, dan topik chat bersama teman-teman.

Biasanya podcast bertema ini akan berisi pengalaman atau peristiwa horor yang pernah terjadi di dunia nyata, maupun berisi pengalaman-pengalaman horor asli yang dialami oleh banyak orang. Eits, tetapi hati-hati ya waktu mendengar podcast bertema horor ini, jangan-jangan nanti malam ada teman tidur baru di samping ranjangmu!

2. Komedi

Siapa sih yang tidak menyukai sedikit komedi di dalam kehidupannya? Tentunya podcast komedi merupakan larian orang-orang dari dunia nyata, untuk mendapatkan hiburan dan untuk sejenak merehatkan diri dari lingkungan hidup mereka.

3. Berita

Walaupun berbeda dengan radio, tetapi ternyata podcast bertema berita juga banyak dicari oleh orang-orang. Mulai dari berita kasus pelecehan seksual, berita politik, dan masih banyak berita lainnya, yang tentunya up to date ya.

4. Misteri

Yang satu ini sudah menjadi favorit kaum milenial dalam mendengarkan podcast. Berita misteri atau kasus kejahatan tidak terselesaikan di masa lampau, tentunya akan menarik rasa penasaran banyak orang. Misteri menjadi salah satu andalan orang-orang untuk membunuh rasa bosan dan juga dapat menjadi topik yang menyenangkan untuk dibicarakan.

5. Film

Film sudah menjadi salah satu kegiatan menghabiskan waktu terfavorit banyak orang. Dan di dalam podcast bergenre film, topik-topik yang akan dibicarakan adalah film yang sedang trending, kesalahan film, dan kritik untuk film tertentu. Tentunya, podcast film mampu menarik perhatian penggemar film dari seluruh dunia.

6. Musik

Musik menjadi tema podcast nomor enam yang paling banyak dicari oleh berbagai kalangan. Biasanya podcast ini akan diisi oleh topik musik apa yang sedang hits dan rekomendasi musik yang akan diberikan oleh para podcaster (orang yang melakukan kegiatan podcasting).

7. Politik

Selain berfungsi sebagai wadah hiburan, podcast juga mempunyai topik-topik tentang dunia nyata, seperti kondisi politik di luar maupun di dalam negeri. Hal ini tentunya menjadi salah satu topik terpenting untuk kalian yang menggemari perdebatan atau argumen mengenai politik.

8. Science (Ilmu Pengetahuan)

Science berhasil masuk ke dalam tema podcast yang paling sering dicari. Podcast ini tentunya akan membahas topik seputar lingkungan dan kaitannya terhadap ilmu pengetahuan. Tetapi, tentunya setiap topik tidak akan membosankan dan dipenuhi oleh candaan para podcaster.

9. Teknologi

Podcast bertema teknologi ini membahas topik tentang penemuan teknologi terbaru di dunia, fungsi, dan bagaimana langkah-langkah membuat teknologi sendiri.

10. Video Game

Pastinya, podcast ini ditujukan untuk para gamers yang senang mengetahui pendapat games terbaru, tips, dan trik bagaimana cara untuk bertahan lama dalam suatu pertandingan.

Nah, itu dia penjelasan arti kata podcasting, mengapa Anda perlu beralih ke podcasting, dan juga 10 tema-tema podcasting yang paling banyak dicari di zaman sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk kalian yang baru akan memulai mendengarkan podcasting selagi bersantai!

You may also like