Mending Mana, Artikel SEO Friendly Atau HUMAN Friendly

Artikel SEO Friendly adalah jenis artikel yang paling dicari di dunia penulisan. Ini memang trend yang sudah terjadi selama bertahun-tahun. Jika dilihat, terdapat perbedaan struktur yang jelas antara jenis artikel biasa dengan SEO Friendly. Namun dalam beberapa waktu ke belakang, terdapat jenis artikel lain yang sukses menandingi popularitasnya.

Jenis artikel tersebut ialah artikel human friendly. Dengan adanya jenis terbaru ini, para penulis artikel pun mulai terbagi menjadi dua bagian. Ada yang tetap bertahan di jenis pertama, ada yang beralih ke jenis kedua. Namun diantara keduanya, perlu diketahui jenis mana yang terbaik. Sebelum membahas kesana, mari pahami dulu pengertiannya.

Artikel SEO Friendly

SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Untuk itu, sebuah artikel dapat dikatakan SEO friendly jika dioptimasi sesuai keinginan mesin pencari. Hal ini ditujukan agar artikel tersebut bisa berada pada urutan pertama pada laman mesin pencari. Namun, terdapat kesulitan tersendiri untuk membuat artikel jenis ini.

Hal ini dikarenakan, tidak ada patokan resmi dari suatu mesin pencari yang bisa menjadi acuan bagi para penulis. Hal ini menyebabkan para penulis artikel membuat patokan artikel SEO-nya masing-masing. Walaupun berbeda-beda, terdapat tiga hal utama yang selalu dijadikan patokan untuk menulis artikel berjenis SEO Friendly.

Patokan pertama adalah jumlah dan penempatan keyword. Bisa dikatakan, ini adalah yang paling penting bagi setiap penulis. Patokan kedua adalah pengulangan kata yang perlu diminimalisir atau sering diistilahkan dengan sebutan keyword density. Dan terakhir adalah penambahan sub heading yang juga berfungsi sebagai navigasi dalam artikel.

Artikel HUMAN Friendly

Tentu dari arti saja, human friendly yang ditekankan disini jelas berbeda dengan artikel SEO Friendly. Jenis artikel ini lebih mengutamakan kenyamanan manusia yang akan membacanya. Karena yang diperhatikan disini adalah manusia, tentu patokannya pun berbeda dari jenis artikel sebelumnya.

Untuk mengetahui patokan dari artikel jenis ini, Mari perhatikan jenis artikel seperti yang ingin anda baca ketika membuka sebuah situs. Biasanya, ada tiga kata juga yang bisa mewakilkan tipe artikel human Friendly. Ketiga kata itu antara lain menarik, padat, dan informatif. Dengan ketiga hal tersebut, setiap orang pasti akan nyaman dalam membaca suatu artikel.

Lalu, Mana yang Lebih Baik

Cukup sulit untuk menentukan artikel mana yang lebih baik diantara keduanya. Sekarang, mari lihat keunggulan masing-masing. Artikel SEO Friendly adalah artikel yang mendahulukan kepentingan mesin pencari. Ini bertujuan agar artikel tersebut ditempatkan di urutan teratas pada kata kunci yang dituju. Sedangkan, artikel berjenis human Friendly memiliki maksud lain.

Untuk jenis kedua, manusia yang membacanya akan merasa nyaman karena tujuan pembuatannya adalah demikian. Mungkin, keduanya terasa memiliki keunggulan masing-masing. Namun, bagaimana jika begini. Dalam artikel SEO Friendly, mungkin awalnya mesin pencari akan menempatkan di urutan pertama.

Namun, situs mesin pencari tidak akan terus menempatkan suatu artikel di urutan pertama jika pembacanya tidak nyaman dalam membaca artikel tersebut .. Lalu untuk artikel berjenis HUMAN Friendly, mungkin para pembaca akan betah berlama-lama. Namun, situs mesin pencari akan sulit menemukannya dan sulit juga menempatkannya di halaman pertama.

Jadi pada intinya, bijaklah dalam membuat suatu artikel. Percuma membuat artikel berjenis SEO Friendly jika pada akhirnya akan dibuang oleh mesin pencari karena tidak memberi kenyamanan pada pembaca. Merupakan hal yang kurang tepat juga jika hanya mementingkan kualitas artikel tanpa memperhatikan keinginan dari mesin pencari.

Merupakan pilihan tepat jika membuat suatu artikel yang bisa mengikuti keinginan mesin pencari namun juga nyaman untuk dibaca. Mungkin, usaha lebih memang dibutuhkan untuk membuat artikel jenis ini. Namun, merupakan hal luar biasa bukan jika bisa menggabungkan artikel SEO Friendly dan human Friendly menjadi satu.

You may also like