Ingin Menjadi Penulis Artikel di Jogja? Pelajari Skill Ini

Mungkin sebagian dari Anda pernah berpikir “apa susahnya sih bikin artikel tinggal ngetik doang?”, Namun menjadi penulis artikel tidak semudah yang Anda kira, Butuh banyak latihan dan ketekunan, Selain itu Anda perlu menguasai skill yang dibutuhkan untuk memaksimalkan artikel.

Perkembangan industri pada era sekarang membuat pekerjaan sebagai penulis ini menjanjikan. Banyak perusahaan yang mulai membutuhkan seorang penulis artikel untuk mendongkrak trafik di webnya.

7 Skill yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Penulis Artikel di Jogja yang Handal

1. SEO

Mengetahui soal SEO merupakan skill yang wajib Anda miliki. Sebab sebagus apapun Anda menulis artikel tidak akan efektif apabila artikel yang Anda buat tidak dapat ditemukan pengunjung.
SEO (Search Engine Optimization) merupakan tindakan atau cara yang harus Anda kuasai untuk mengoptimalkan artikel yang dibuat. Menguasai skill ini akan membuat artikel Anda berada di posisi teratas pencarian Google, sehingga artikel yang dibuat dapat dilihat orang lain.

2. Memahami Format Penulisan

Format penulisan yang baik perlu dimiliki jika Anda ingin menjadi penulis artikel profesional. Menguasai skill ini akan membuat pembaca artikel Anda betah berlama-lama membaca artikel yang Anda buat. Jadi Anda harus memahami struktur kalimat, peletakan tanda baca, dan tentunya ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Melakukan Riset isi Artikel

Melakukan riset terhadap topik yang Anda buat tentunya skill yang tidak kalah penting untuk dimiliki oleh seorang penulis artikel profesional. Sebab artikel yang bagus dan baik adalah artikel yang memiliki kredibilitas dan tentunya kebenaran isi artikel yang dibuat. Jadi sebagai penulis artikel Anda haru memiliki kemampuan riset ini agar memudahkan pembaca menemukan informasi yang penting dan dari sumber yang tepercaya.

4. Mampu Merangkum isi Artikel

Kemampuan merangkum artikel juga merupakan memiliki kaitannya dengan riset. Sebagai seorang penulis tentunya harus mampu merangkum hasil risetnya menjadi sebuah artikel yang berkesinambungan. Apa jadinya jika Anda tidak menguasai skill ini? Tentunya membuat artikel yang dibuat menjadi tidak nyambung dari awal hingga akhir.

5. Komunikasi

Komunikasi juga merupakan kemampuan yang dibutuhkan agar artikel yang Anda buat lebih menarik untuk dibaca. Jadi sebagai penulis memiliki kemampuan komunikasi yang baik tentu dapat membantu berkomunikasi dengan pembaca melalui artikel yang dibuat.

6. Berpikir Kreatif

Untuk menulis sebuah artikel berpikir kreatif sangat diperlukan. Anda perlu berpikir kreatif untuk menentukan judul artikel apa yang menarik, kata-kata apa yang membuat pengunjung betah berlama-lama, dan bagaimana cara membuat tulisan lebih bervariasi. Skill yang satu ini dapat di asah dengan membaca berbagai macam artikel atau tulisan dan tentunya berlatih menulis sebanyak mungkin.

7. Memiliki wawasan yang sangat luas

Imajinasi memang diperlukan saat akan menulis tapi, pengetahuan umum dan wawasan yang tinggi juga sangat diperlukan penulis agar artikel yang ditulisnya berbobot, tidak kosong dan ada nilai-nilai pengetahuan sosial yang dapat menambah informasi bagi pembaca.

Itu tadi 7 skill yang haru dimiliki jika Anda ingin menjadi penulis artikel profesional. Pelajari dan kuasai skill di atas, jangan patah semangat dan tetap berusaha. Karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Ingat! penulis artikel jogja juga perlu memiliki pengalaman untuk mengembangkan kemampuannya, jadi asah skill Anda dengan bekerja. Jika Anda ingin mengasah kemampuan dengan bekerja pastikan memilih tempat bekerja yang mendukung seperti di perusahaan berita, Marketplace dan lain-lain.

You may also like