Eksotisme Batu Raksasa di Tengah Jalan Raya Banyuwangi

Jika Anda pernah bepergian ke Banyuwangi melewati jalur Pantura, Anda akan menyaksikan sebuah batu raksasa yang menjulang. Batu itu dinamakan Watu Dodol. Watu Dodol adalah batu yang memiliki tinggi sepuluh meter. Wisatawan sering mengunjungi tempat ini karena keindahan alamnya.

Batu ini berada di tengah jalan raya. Di sebelah timur ada Selat Bali yang membentang luas dengan siluet Pulau Bali yang terlihat jelas. Pemandangan ini sangat memesona dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Tidak kalah menarik, sebuah bukit nan indah membentuk gundukan yang memukau di sebelah barat batu ini. Pengunjung bisa naik ke bukit dan menyaksikan pemandangan dari atas. Banyak pengunjung yang rela untuk tetap menapaki jalan menanjak ke atas bukit meski lelah.

Pasalnya, dari atas bukit itu kita akan memperoleh foto yang indah untuk dipajang di media sosial kita. Ada pohon-pohon dan rerantingan memukau dengan laut yang indah sebagai latar foto kita.

Wisata Watu Dodol Banyuwangi yang Menawan

Ketika liburan sekolah tiba, Pantai Watu Dodol banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Ada yang melewati daerah ini lalu mampir untuk sekadar melepas lelah sambil menikmati panorama alam yang indah. Tidak jarang juga wisatawan yang hendak ke Bali atau sepulang dari Bali menyempatkan untuk mampir di Watu Dodol mengingat tempat itu berada di jalur utama yang menghubungkan antara Jawa dan Bali.

Di Wisata Watu Dodol, pengunjung dapat menikmati makanan yang tersedia di warung pinggir pantai. Sambil menikmati desiran ombak dan kapal-kapal yang berlayar menuju Pulau Gilimanuk, Bali, pengunjung dapat menyantap makanan spesial yang dijual di sana.

Selain itu, wisatawan bisa mandi di pantai yang ombaknya tidak terlalu besar dan tentunya aman untuk aktivitas berenang. Namun alangkah baiknya tetap memperhatikan keselamatan untuk anak-anak yang bermain di pantai.

Ada juga wisata naik perahu. Wisatawan bisa menaiki perahu yang disewakan oleh nelayan di sekitar pantai. Dengan tarif yang terjangkau, kita bisa menikmati keindahan laut dari atas perahu yang dikemudikan oleh nelayan. Kita juga bisa melihat ikan-ikan yang berenang di lautan.

Lokasi Wisata Watu Dodol Banyuwangi

Letak wisata Watu Dodol Banyuwangi ini di Jl. Banyuwangi – Situbondo, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya relatif dekat dengan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, yaitu sekitar 2 km. Jika dihitung dari Banyuwangi Kota, maka jaraknya sekitar 15 km.

Itulah alasan para wisatawan yang bepergian ke Bali akan singgah ke Wisata Watu Dodol karena memang jaraknya dekat dengan Pelabuhan Ketapang. Wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan tentunya menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Di sepanjang pantai, akan banyak spot foto yang indah dilengkapi dengan keindahan bukit di sebelah barat batu raksasa.

You may also like