Curug Cibaliung, Surga Wisata Air Terjun Tersembunyi di Bogor

Objek destinasi yang satu ini merupakan wisata air terjun yang memiliki kolam terdalam yang ada di Bogor. Pesona alam yang sangat menakjubkan ditawarkan oleh objek wisata ini, belum lagi ditambah dengan kejernihan air yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Bahkan tidak jarang wisatawan yang datang berkunjung selalu menyempatkan diri untuk berenang sambil bersantai menikmati keindahan alam yang tersaji di lokasi curug ini. Penasaran dengan Curug Cibaliung Bogor? Simak informasi lebih lanjut di bawah ini.

Lokasi Wisata

Tidak hanya menyajikan keindahan alam saja, wisata air terjun ini juga menawarkan pengalaman berpetualang bagi para wisatawan, misalnya kegiatan trekking hingga hunting spot foto yang bagus

Curug Cibaliung atau juga yang dikenal dengan sebutan Curug Baliun ini beralamat di Karang Tengah, Bogor sehingga lokasinya cukup dekat jika ditempuh dari Jakarta. Para wisatawan dari Jakarta bisa menempuhnya melalui Tol Jagorawi.

Harga Tiket Masuk

Sesampai di lokasi wilayah kawasan wisata Curug Leuwi Hejo, setiap pengunjung diwajibkan membayar biaya sebesar Rp.15.000 untuk kontribusi tiket masuk kawasan ini, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan adalah sebesar Rp.5.000. Nanti, setelah Anda menemui Curug Cibaliung, para pengunjung harus kembali membayar biaya retribusi sebesar Rp.5.000.

Lain lagi jika Anda ingin mandi dan menitipkan barang, karena jasa penitipan barang dan tempat mandi yang ada di Leuwi Hejo, mematok tarif Rp.2.500 untuk mandi atau berganti baju, sedangkan untuk penitipan barang sebesar Rp.2.500.

Fasilitas di Lokasi Wisata

Mengingat lokasi wisata Curug Cibaliung ini belum sepopuler Curug Leuwi Hejo, maka wajar saja jika fasilitas di kawasan ini masih sangat minim. Namun, bukan berarti tidak ada sama sekali. Tidak perlu khawatir, karena sepanjang jalan menuju lokasi curug, ada petunjuk jalan yang dipasang warga, area parkir serta beberapa tersedia juga warung di sepanjang jalan menuju lokasi curug. Sesampai di lokasi, juga ada fasilitas penitipan barang, kamar mandi dan tempat ganti pakaian.

Tips Berkunjung

Bagi Anda yang berwisata ke Curug Cibaliung, ada baiknya untuk berangkat di pagi hari setelah subuh agar nantinya Anda dan rombongan bisa sampai di sana waktu siang hari. Siang adalah waktu terbaik untuk menikmati pemandangan karena cuaca belum terlampau panas, sehingga masih terang ketika harus kembali ke tempat semula. Selain itu, keamanan dan kenyamanan juga menjadi pertimbangan, karena Anda akan melewati area trekking yang cukup terjal.

Tidak hanya itu, saja, dibutuhkan juga kondisi fisik yang prima untuk bisa tiba di tempat ini. Jadi, sebaiknya persiapkan fisik Anda sebaik mungkin jika ingin berwisata ke Curug Baliung karena jangan sampai Anda kelelahan atau sakit ketika berada di perjalanan, apalagi sudah memasuki area trekking.

Untuk menjamin keamanan dan keselamatan, disarankan untuk tidak datang berkunjung saat musim penghujan, sebab area trekking akan sangat licin sehingga para wisatawan sangat berisiko terjatuh dan juga sebagai bentuk antisipasi terhadap datangnya banjir bandang.

You may also like