Cara Menggunakan Gadget dengan Bijak

Di era modern seperti ini⸴ gadget sudah seperti masuk dalam daftar kebutuhan primer manusia. Beberapa hal yang sulit dilakukan oleh manusia⸴ dapat diselesaikan oleh gadget dalam waktu singkat.

Hal ini tentunya sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari⸴ seperti untuk mencari lokasi⸴ mengirim barang⸴ berkomunikasi⸴ belajar dan berjualan.
Meskipun memiliki banyak manfaat⸴ tidak jarang juga gadget justru disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang baik.

Beberapa contohnya yaitu⸴ untuk bermain game⸴ menonton hal-hal yang tidak pantas⸴ pencurian data⸴ bahkan penipuan. Untuk itu⸴ seorang pengguna yang baik⸴ harus mengetahui cara menggunakan gadget dengan bijak agar hal buruk dapat dihindari.

Beberapa hal yang dapat diperhatikan agar bisa menggunakan gadget secara bijak yaitu:

Mulai dari diri sendiri

Pengguna harus dapat mengendalikan gadget⸴ bukan dikendalikan oleh gadget. Hal ini dapat terjadi jika sudah ada niat baik dan tekad dalam diri. Setelah dapat menerapkan komitmen baik dalam menggunakan gadget⸴ selanjutnya dapat menularkan kebiasaan baik tersebut kepada teman atau saudara. Selain sudah menjadi pengguna gadget yang bijak⸴ secara tidak langsung juga menjadi pengguna yang bermanfaat.

Tetap perhatikan waktu

Dalam sehari buat jadwal untuk membagi menyelesaikan pekerjaan dan bermain gadget. Jika tidak dapat membuat jadwal⸴ maka gunakan gadget selagi di waktu senggang⸴ seperti saat menunggu bis. Gunakan gadget untuk mencari informasi menarik atau berita melalui aplikasi browser bukan hanya untuk ber-sosial media.

Gunakan untuk hal yang bermanfaat

Saat ini⸴ hampir semua jenis gadget dilengkapi dengan fitur dan aplikasi canggih. Hal ini dapat menjadi manfaat⸴ sekaligus bumerang kepada si pengguna. Agar tidak menjadi bumerang⸴ gadget harus digunakan untuk hal-hal bermanfaat⸴ misalnya untuk menyelesaikan tugas dan mencari informasi.

Bermain gadget dengan posisi yang benar

Mengunakan gadget dengan bijak bukan hanya dilihat dari penggunaannya. Namun⸴ cara pemakaian atau posisi yang baik juga harus diperhatikan. Pastikan selama menggunakan gadget⸴ posisi tangan tidak terlalu ke atas dan jarak mata ke layar sesuai aturan kesehatan.

Gunakan aplikasi yang mendukung aktivitasmu

Sebuah gadget tentu memiliki layanan playstore. Layanan ini menawarkan berbagai aplikasi menarik bagi pengguna. Mulai dari aplikasi sosial media⸴ game⸴ hingga aplikasi penunjang performa gadget. Dari banyaknya jenis aplikasi yang tersedia⸴ pengguna harus cerdas memilih aplikasi mana saja yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan gadget sebelum tidur

Banyak kebiasan yang dilakukan sebelum tidur⸴ salah satunya adalah bermain gadget. Kebiasaan ini sebisa mungkin harus ditinggalkan⸴ karena gadget dapat membuat sulit tidur. Bermain gadget sebelum tidur juga tidak baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Agar kualitas tidur semakin baik⸴ pastikan sebelum tidur⸴ gadget dalam keadaan silent.

You may also like