7 Cara Membuat Aquascaping Sendiri untuk Hiasan Rumah

Akuarium atau nama bekenya adalah aquascaping merupakan salah satu seni yang memadukan unsur alami dari air, kemudian tumbuhan air, hiasan berupa karang, batu sampai dengan ikan yang akan menjadi objek utama menyatu menjadi satu keindahan yang membuat kita betah memandangya.

Kali ini kami akan mencoba bebrbagi sedikit cara dalam membuat aquascaping sebagai hiasan di rumah. Dimana dari sisi interior sendiri akan memberikan kesan semakin menarik di rumah anda.

Yang pertama kita akan coba list dulu beberapa perlatan yang akan dibutuhkan dalam pembuatan aquascaping sederhana ini.

Cara membuat aquascaping

  1. Sipakan ukuran

Ini yang harus anda lakukan pertama kali, dimana menentukan berapa ukuran akuarium yang akan anda buat baik dari sisi panjang, tinggi dan lebarnya.

  1. Sipakan material utama yakni berupa kaca

Kaca sendiri harus bening, sedangkan dari sisi ukuran minimal 10 mili sudah sangat bagus. Anda bisa membeli bahan kaca di mana saja, kalau di toko bangunan misalkan maka minta sekalian di potongakan oleh pegawainya kalau potong sendiri akan menambah biaya  pembelian alatnya dan hasilnya belum tentu juga akan rapi.

  1. Lem kaca

Sudah jelas anda bisa membeli lem kaca dengan kualitas terbaik.

  1. Perlengakpan isi akurium dari sisi hiasan

Nah pada bagian isi ini sendiri anda bebas berkreasi sendiri apakah ingin menggunakan jenis hiasan seperti apa. Bisa trumbu karang atau hiasan yang ada di pabrikan yang sudah jadi dan siap pasang.

  1. Alat mesin

Dibagian ini anda harus menyiapkan beberapa prangkat mulai dari saringan air, kemudian aerator sampai dengan pompa tanpa ini aquascaping anda tidak akan berjalan dengan baik.

  1. Ikan

Ikan hias sendiri saat ini sangat banyak sekali jenisnya dari harga yang murah sampai sangat mahal. Untuk pemula kami sarankan anda beli yang murah saja, kecuali dalam skala hoby maka koleksi ikan hias yang mahal tidak menjadi masalah.

  1. Lampu akuarium

Ini juga wajib, anda bisa mencari berbagai jenis lampu akurium dengan banyak variasi seseusikan dengan selera dan bajed anda, lebih bagus lagi anda bisa gunakan lampu grow light.